If you want to share and earn points please login first

Kisah Nabi Muhammad SAW Pergi dari Rumah Saat Para Istri Merengek

Sepanjang hidupnya Rasulullah tak pernah meminta kepada Allah SWT kekayaan di dunia. Padahal jika dia mau, jangankan harta seluruh kekayaan di bumi bisa Nabi Muhammad SAW dapatkan dalam sekejap mata.

Allah pun menawarkan kekayaan itu, tapi Nabi justru selalu berdoa,”Jadikan lah rezeki keluarga Muhammad sekadar memenuhi kebutuhan. Ketika suatu hari aku lapar, aku berdoa pada-Mu dan ketika ku kenyang, ku bersyukur pada-Mu,”

Rasulullah lebih sering berpuasa jika tidak ada makanan di rumahnya. Beliau juga kerap mengganjal perutnya dengan mengikatkan batu jika rasa lapar itu tidak tertahankan. Jika ada makanan, Rasulullah selalu memberinya kepada yang dia anggap lebih berhak.

Harta rampasan perang pun banyak yang dibagikan, sampai suatu kali istri-istri Rasulullah meminta agar diberikan harta yang banyak mengingat mereka adalah istri seorang Rasul.

Nabi tidak menghardik istri-istri beliau, namun saat istri-istrinya mulai mengeluh, Nabi Muhammad SAW langsung pergi dari rumah dan beritikaf.

Umar bin khattab pernah menuturkan peristiwa ini, “Seorang sahabat menemuiku dan berkata ada peristiwa besar. Katanya Rasulullah telah menceraikan istri-istrinya,”.

Lalu Umar mendatangi Nabi dan bertanya apa benar kabar tersebut dan Rasulullah langsung menjawab,”Tidak!”.

Fitnah ini tersebar setelah Rasulullah tidak menemui istrinya selama sebulan. Tak ayal, Allah menegurnya dengan berfirman dalam surat Al-Azhab ayat 28-34.

“Hai Nabi, katakan pada istrimu jika kalian menginginkan dunia dan perhiasannya maka marilah akan ku berikan mut’ah dan kuceraikan dengan cara yang baik. Dan jika kamu menghendaki akhirat maka sesungguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik di antara kalian dengan pahala besar,”

Nabi langsung menemui istri-istrinya dan membacakan ayat ini. Semua istri beliau sepakat tetap berada di sisi beliau hingga akhir hayat karena menghendaki pahala yang besar.

If you want to share and earn points please login first